top of page

Hutang Nyawa

Baca: Titus 3:1-8

Supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita. (Titus 3:7)

 

            Sugeng Sampurno (55) menceritakan pengalamannya kepada detik.com saat banjir melanda desanya di Pasuruan. “Saat itu saya berteriak ‘tolong-tolong’ sambil meraih apa saja untuk dijadikan pegangan. Banyak orang tapi hanya melihat saja. Akhirnya saya pasrah, saat mulai kehilangan kesadaran karena kelelahan, tiba-tiba leher saya diraih oleh seseorang dan dibawa ke tempat yang lebih aman. Dan dia adalah Pak Waki. Hanya dia yang berani terjun ke dalam air menolong saya,” ungkapnya. Sugeng mengaku berhutang nyawa pada Sertu Waki sebab kalau tidak ditolongnya, dia sudah mati hanyut terbawa arus banjir.

            Hutang nyawa terjadi saat si penerima bantuan merasa sangat diselamatkan dari bahaya yang dapat merenggut nyawanya. Semakin besar nilai dan arti pertolongan yang diterima maka semakin besar pula rasa hutang nyawa kepada si pemberi. Pihak yang berhutang budi/nyawa ini akan merasa sangat segan, hormat dan patuh kepada si pemberi bantuan. Hal ini juga menimbulkan niat yang kuat untuk membalas budi dengan bersedia berkorban apa saja, bahkan nyawa sekalipun bagi sang penolong.

            Tuhan Yesus sudah menyelamatkan kita dari kebinasaan kekal dengan menderita sengasara, mati dan mencurahkan darah-Nya bagi kita. Sungguh kita berhutang nyawa kepada Tuhan Yesus. Dan karena hal ini, sudah seharusnya menimbulkan suatu niat yang kuat di hati kita untuk membalas pengorbanan Tuhan dengan melakukan pekerjaan baik (ay.8), mengasihi dan tunduk kepada-Nya serta mau melakukan apapun demi Kristus Tuhan. Kiranya kita selalu ingat akan segala pertolongan-Nya. LL

KEHIDUPAN ABADI DI SORGA MERUPAKAN SUATU PEMBERIAN YANG TAK TERNILAI HARGANYA.

2013-yckc-bulletin-cover-image.jpg

Jika Anda mengingingkan renungan harian silahkan chat  melalui kolom komentar, dengan mengirimkan alamat email. Kami akan membagikan renungan harian dalam bentuk softfile/pdf. 

RANGKAIAN ACARA KKR GUPDI 2020 DI 13 WILAYAH GUPDI INDONESIA & EROPA
KUNJUNGI YOUTUBE KAMI

bottom of page