top of page

Nikodemus

Baca:Yohanes 3 : 1-21

“Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.” (Matius 5:6)

Screenshot 2023-12-14 102051.png
Screenshot 2023-12-14 104828.png
Screenshot 2023-12-14 104625.png

 

Nikodemus adalah seorang pemimpin Kaum Yahudi Farisi.  Mereka membenci Yesus.  Mereka tidak mengajarkan kebenaran dari FirmanNya, Kalaupun mereka mengajarkannya, mereka sendiri tidak melakukannya. Nikodemus datang kepada Yesus pada waktu malam hari.  Selama ini saya tidak pernah menyadari ada sesuatu yang istimewa dengan kata "malam" ini.  Nikodemus datang di malam hari adalah karena takut ketahuan oleh kaumnya dan supaya tidak dikenal secara umum sebagai murid Yesus.  Tujuannya datang pada Yesus adalah dia mau mengakui pada Yesus bahwa dia yakin kalau  Yesus adalah Mesias yang diutus Allah, karena dia melihat mujizat-mujizat yang dilakukan Yesus.  Keyakinannya pada Yesus mengalahkan rasa takutnya, mengalahkan ego dan kesombongannya sebagai seorang pemimpin.  Percakapannya dengan Yesus di malam itu melahirkan sesuatu yang membuat  pola pikirnya semakin berubah.  Yesus membawa pikiran Nikodemus untuk lebih berfokus pada  kerajaan Allah dan hal-hal yang kekal.  Bukan hanya pada hal-hal jasmani yang dia lihat.  Perjumpaan dengan Yesus itu pun menjadikan Nikodemus seorang pengikut Yesus (Yoh 19:39).  Nikodemus adalah orang yang turut serta memberikan penguburan yang layak bagi Yesus (Yoh 19:38-42).

Seandainya jika Nikodemus tidak memberanikan diri untuk pergi menemui Yesus dimalam itu, pengenalanNya pada Yesus tidak akan sampai pada hal-hal kekal yang akan menyelamatkan hidupnya.  Mari seperti Nikodemus, memberanikan diri menjumpai Yesus dalam apapun keberadaan kita. Perjumpaan denganNya akan membuahkan hasil yang terbaik untuk diri kita sendiri. IDL

TANGGALKAN SEGALA HAL YANG MERINTANGI KITA UNTUK MEMPEROLEH KEHIDUPAN KEKAL

nikodemus.jpg

Jika Anda mengingingkan renungan harian silahkan chat  melalui kolom komentar, dengan mengirimkan alamat email. Kami akan membagikan renungan harian dalam bentuk softfile/pdf. 

RANGKAIAN ACARA KKR GUPDI 2020 DI 13 WILAYAH GUPDI INDONESIA & EROPA
KUNJUNGI YOUTUBE KAMI

bottom of page