Tuhan menyuruh Musa untuk mengutus 12 orang pengintai, yang diambil dari 12 suku-suku Israel, untuk menyelidiki kondisi tanah Kanaan yang akan mereka masuki. Diharapkan sepulang dari pengintaian, mereka mendapatkan data yang lengkap tentang kondisi geografis, ekonomi, kekuatan tentara musuh, kota-kota berkubu dan celah-celah yang dapat dimanfaatkan untuk menyerang. Intinya, mereka ditugaskan dalam pelayanan ini untuk membuat peta kekuatan musuh.

Dan Ketika mereka masuk ke kota-kota itu, mereka mendapati kekuatan musuh begitu besar, berbanding terbalik dengan kondisi kekuatan bangsa Israel. Sebagian besar dari antara mereka yaitu 10 dari 12 orang, ciut nyalinya dan merasa ini adalah mission impossible, misi bunuh diri, seperti raksasa melawan seekor belalang kecil yang mudah diinjak. Sepuluh orang ini pastilah telah berunding diantara mereka sendiri bahwa kita harus membatalkan rencana masuk ke Kanaan ini, pulang ke Mesir dan mengabaikan perintah Tuhan melalui Musa. Perhatikan baik-baik kisah ini. Sepuluh orang ini dipercaya melakukan tugas pelayanan, menjumpai masalah kemudian marah dan tidak mau mentaati perintah Allah. Mereka gagal dalam menjalankan pelayanan tersebut.

Tidak ada pelayanan tanpa masalah. Kalau ingin pelayanan tanpa masalah, tidak usah melayani. Dan kalau kita dipercaya untuk melakukan tugas pelayanan, maka kita harus siap untuk menghadapi setiap masalah dengan besar hati, dengan iman, dengan ketekunan dan jangan mundur. Inilah tipikal pelayan Tuhan yang dapat dipercayai. SW

HAMBA YANG DAPAT DIPERCAYAI AKAN SIAP MENGHADAPI TANTANGAN DAN MENYELESAIKAN TUGAS DENGAN SEPENUH HATI

Sabtu, 03 Desember 2022

Dapat Dipercayai

Baca: Bilangan 13:1-33

“Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.” (1 Korintus 4:2)

Jika Anda mengingingkan renungan harian silahkan chat  melalui kolom komentar, dengan mengirimkan alamat email. Kami akan membagikan renungan harian dalam bentuk softfile/pdf. 

RANGKAIAN ACARA KKR GUPDI 2020 DI 13 WILAYAH GUPDI INDONESIA & EROPA
KUNJUNGI YOUTUBE KAMI