Ayat di atas diucapkan oleh Tuhan Yesus kepada Petrus yang akan menyangkal Yesus kelak saat Yesus ditangkap dan setelah itu, apabila Petrus sudah insaf atau sudah dipulihkan (menurut versi alkitab AMPC) barulah ia bisa menguatkan saudara-saudara seiman yang lain.

            Saat pesawat mengalami keadaan darurat, masker oksigen otomatis akan muncul. Siapa yang pertama disarankan memakainya? Sang anak (jika bersama anak) atau orang lain? bukan, tetapi diri sendiri dulu sebab kalau masker oksigen tersebut diberikan kepada orang lain, sedangkan diri sendiri mengalami sesak nafas, mana bisa kita melakukan hal-hal yang lain. Bagaimana kita bisa mengajar matematika kepada orang kalau kita tidak bisa matematika? Kita tidak dapat mencintai, menghormati, membahagiakan, mempercayai orang lain sebelum kita tahu melakukannya kepada diri sendiri terlebih dulu. Firman Allah mengajar untuk mengasihi orang lain seperti mengasihi diri sendiri (Mat. 22:39), artinya mengasihi diri sendiri sebagai pola atau contoh untuk mengasihi orang lain. Setelah kita tahu caranya mengasihi diri sendiri barulah kita dapat menerapkannya kepada orang lain.

            Namun fokus kepada diri sendiri dulu ini sering disalah artikan sebagai sikap yang egois. Akan tetapi kalau dilakukan dengan proporsi yang pas atau tidak berlebihan, maksudnya tidak melulu hanya untuk aku dan aku, itu adalah tindakan yang benar di hadapan Tuhan. Menolong diri sendiri dulu baru menolong orang lain bukanlah tindakan yang salah. LL

BAGAIMANA KITA BISA MENOLONG ORANG MENJADI KUAT KALAU KITA SENDIRI BELUM KUAT?

Senin, 08 Agustus 2022

Menolong Diri Sendiri

Baca: Lukas 22:31-34

Tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.

(Lukas 22:34)

Jika Anda mengingingkan renungan harian silahkan chat  melalui kolom komentar, dengan mengirimkan alamat email. Kami akan membagikan renungan harian dalam bentuk softfile/pdf. 

RANGKAIAN ACARA KKR GUPDI 2020 DI 13 WILAYAH GUPDI INDONESIA & EROPA
KUNJUNGI YOUTUBE KAMI